Sabtu, 10 Maret 2012

Berbagai Definisi tentang E-BUSNIES


·         E-business adalah sebagai suatu gabungan yang kompleks dari proses bisnis, aplikasi perusahaan, dan struktur organisasi yang diperlukan untuk membuat model bisnis mempunyai kinerja yang tinggi. (Ravi Kalakota. e-Business 2.0: Roadmap for Success. Addison-Wesley Professional. 2000)
·         E-business  didefinisikan sebagai penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung seluruh kegiatan usaha. (Wikipedia.http://en.wikipedia.org/wiki/E-business)
·         Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It?http://ebusiness.about.com/industry)
·         E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)
·         E-business adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet, atau penggunaaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan dari suatu bisnis. (http://www.wisegeek.com/what-is-ebusiness.htm)
·         Menghubungkan sistem teknologi informasi tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business. (Daniel Amor. 2000. The E-business Revolution. Prentice Hall)
Berdasarkan beberapa definisi di atas, maka definisi e-business secara satu keartian utuh, yaitu:
E-Business adalah menjalankan proses bisnis utama untuk memberikan keuntungan dengan menggunakan Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK, dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas,  integrasi, optimasi, efisiensi, dan peningkatan produktivitas dan profit , yang dilakukan oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait.
Terdapat beberapa kesamaan dari kegiatan e-business, yaitu:
Pelaku E-Business
·         Organisasi, pelanggan, perusahaan, pemasok, pekerja, rekan bisnis
Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
·         Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
·         Komputer, data yang telah terkomputerisasi
·         Internet
·         Kegiatan Sasaran
·         Kegiatan bisnis
·         Proses bisnis utama
·         Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
·         Operasi bisnis utama
Tujuan
·         Koordinasi, komunikasi, dan pengelolaan organisasi
·         Transformasi proses bisnis
·         Sharing informasi
Keuntungan
·         Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
·         Memberikan nilai bisnis yang berbeda
·         Efisien
·         Peningkatan produktivitas dan keutungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comentt yoooo