Sabtu, 17 Maret 2012

Analisis 3 website lokal dan 5 website nonlokal .....

        Pertama kita bahas dulu apa sih itu serch engine?????

Search engine (Mesin pencari) adalah situs pencari di dunia maya yang berfungsi sebagai media untuk mempertemukan kita dengan website yang igin kita kujungi melalui keyword-keyword yang kita tulis didalam search engine tersebut.
 Contoh nya nih ketika  kita ingin mencari situs-situs untuk download music, materi, artikel tapi kita tidak tahu alamat situs apa yang menyediakan konten-konten tersebut. maka di sinilihah peran dan fungsi sech engine. Cara kerja sech engine ialah Dengan memasukkan keyword yang ingin kita cari seperti " Dowload cerpen" , maka search engine akan menampilkan list website-website yang menyediakan konten cerpen seperti yang kita inginkan. banyak sekali search engine yang bertebaran di duna maya . ada yang buatan lokal dan non lokal (internasional), nahh kalian semua pasti belum tahu kan serch engine mana yang populer sekarang atau pun sech engine mana yang asli buatan anak bangsa... oleh karena itu kita akan  bahas sekarang....

* serch engine lokal

 1. Nowgogle.com
adalah salah satu search engine buatan anak indonesia dengan konsep multiple search engine, yaitu menyatukan 10 mesin pencari yang ada seperti google, yahoo, bing dan lain sebagainya dalam 1 search engine yang fungsinya adalah memudahkan para searcher untuk melakukan pencarian dengan tidak banyak membuka tab baru. fungsi yang ditawarkan search engine ini juga banyak, diantaranya adalah : web-search, blog, book, gambar, lirik, bahkan sampai lowongan kerja dan lain sebagainya.  Hemzz dari penejelasan di atas now google sepertinya lebih memudah kan kita dalam pencarian

 2. Basigi.com
Search engine yang kedua adalah basigi.com merupakan search engine indonesia yang tampilan nya cukup bagus dan menarik, ketika di coba keren & bagus, selain tampilannya yang menarik search engine ini cukup akurat loh..!
UpdateBanget atau basigi.com merupakan mesin pencari. Pengembang UpdateBanget mendesain UpdateBanget untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal. 

Sebagai tahapan pertama, UpdateBanget tampil dengan fitur terbatas pada pencarian berita. UpdateBanget mengindeks semua situs berita di Indonesia, baik dengan lingkup nasional atau lokal. Pengguna bisa mendapatkan berita hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diinginkan, terurut berdasarkan kekinian.
Pencarian berita adalah langkah awal. Ke depan, UpdateBanget berupaya melalui milestone yang telah diformulasikan untuk menjadi mesin pencari umum
Jadi bagi kalian yang ingin membuktikan keupdatean basigi.com bisa langsung mencobanya sekarang....
3. fjbex.com
Fjbex adalah search engine Indonesia khusus untuk berbelanja online, search engine ini mengindex dari forum-forum jual beli di Indonesia seperti mengindex FJB Kaskus. Saat ini fjbex.com diakses sekitar 24.000 orang perharinya dengan 43.000 pageview setiap harinya. Saat ini fjbex.com memiliki alexa rank 23.000 dengan local rank ada di posisi 337, pendapatanya sendiri Fjbex menggunakan sistem iklan SMS premium siapa saja boleh beriklan dengan sms ke nomor yang ditentukan, biayang Rp.2000 per sms, ketika kita membuka website fjbex.com maka kita akan melihat teks iklan berjalan di bawah website.
 nahhhh itu adalah ke tiga website serch engine lokal sekarang kita bahas yang non lokal....
 1. google.com 

siapa yang tidak tau dengan search engine yang 1 ini. search engine yang dikenal dengan sebutan mbah ini sangat populer dan termasuk search engine terbaik dengan trafik yang sangat tinggi. diciptakan oleh Larry page dan sergey brin pada 4 september 1998. google terus mengalami perkembangan sampai saat ini mempunyai banyak sekali fitur, diantaranya google map yang di buat untuk mencari lokasi . google translate yang di buat untuk menterjemahkan beberapa bahasa, dan masih banyak lainnya. dan mbah yang satu ini merupakan searh engine paling populer dengan peringkat presentase kurang lebih 65 % di tahun 2011.

Nahh ini lebih lengkapnya tentang si mbah google Pendiri : Larry Page dan Sergey Brin (Mahasiwa Stanford University) Didirikan : Menlo Park, California (4 September 1998 ) Layanan : mesin pencari, e-mail, peta on-line, sosial networking, software, sharing video, google translator Total Aset : USD 25.3 miliar atau Rp 278.3 triliun (2007 ) Pendapatan : USD 16.6 miliar atau Rp 182.5 triliun (2007 ) Laba bersih : USD 4.23 miliar atau Rp 46.5 triliun (2007 ) Pekerja : 24.400 (2008 ) Ranking Indonesia : Google.co.id (2) dan Google.com (4) Keterangan : 99% pendapatan Google berasal dari iklan yang dipasang pada hasil pencarian di internet, e-mail, peta on-line, sosial networking, produktivitas perkantoran, layanan sharing video. Tiap tahun pendapatan Google melalui iklan naik tajam yakni USD 10.604 miliar (2006) menjadi USD 16.6 miliar (2007). Hanya 1 % pendapatan Google berasal dari lisensi dan pendapatan lainnya. Struktrur algortima Google merupakan terbaik dari beberapa mesin pencari lain seperti Yahoo atau MSN. Hampir semua pengguna Internet di dunia pasti menggunakan Google sebagai mesin pencarinya.
2. Yahoo.com ( Yahoo. merupakan search engine yang menempati peringkat ke 2 setelah google. sama seperti yang lainnya berfungsi sebagai mesin pencari dengan kyword yang dimasukkan sebagai kata kuncinya. yahoo juga banyak memiliki banyak fitur seperti google. dan yang menurut saya paling populer yaitu fitur yahoo mai untuk surat menyurat elektronik via internet karena banyak sekali orang-orang yang memakai fitur ini.
Ini lebiih jelas nya tentang yahoo
Pendiri : Jerry Yang dan David Filo (Mahasiswa Stanford University) Didirikan : Santa Clara, California ( 1 Maret 1995 ) Layanan : Berita terbaru, E-mail Yahoo, Group Yahoo, Chatting IM, Penghasilan : USD 7.22 miliar atau Rp 79.4 triliun (2008 ) Laba kotor : USD 4.13 miliar atau Rp 15.7 triliun (2008 ) Pekerja : 15.200 pekerja (2008 ) Ranking Indonesia : 1 Pengunjung : 1.575 miliar pengunjung (2008 ) dan 3.4 miliar halaman Yahoo per hari (Oktober 2007) Keterangan : Hampir 88% total penghasilan Yahoo (2006 ) berasal dari layanan marketing atau layanan iklan. Rata-rata setiap klik referensi iklan, Yahoo mendapat 2.5-3 sen dollar (Rp 275-330 per klik).
3. bing 
Bing meruapakan salah satu search engine di bawah naungan microsoft dan merupakan reinkarnasi dari tiga search engine microsof yaitu windows live search, live search dan msn live search. diluncurkan pada 3 juni 2009 . konsep dari situs ini yaitu menggunakan teknologi power set, yaitu teknologi yang didesain untuk memungkinkan pengguna melakukan pencarian dengan hasi yang lebih akurat, selain itu situs ini dilengkapi dengan fasilitas untuk menyimpan dan membagi histories pencarian melalui facebook dan e-mail , bing juga mengelompokkan pencarian dengan 4 kategori yaitu web, images, news, dan xRank.
 
4. Ask.com  Ask.com adalah mesin pencari yang didirikan oleh Garrett Gruener dan David Warthen pada tahun 1996 di amerika serikat. saat ini ask.com telah melakukan upgrade situs ini dengan beberapa perbaikan dengan tujuan menaikan popularitas situs ini di pasar search engine yang selama ini dikuasai oleh google. dalam hal ini perbaikan yang dlakukan adalah dengan mempertajam relevansi hasil pencarian dengan tujuan lebih capat lebih sederhana. dengan melakukan hal ini presiden ask.com sangat yakin akan menambah pertumuhan pengguna. tapi apakah dengan cara ini ask.com bisa menggeser google yang menjadi top 1 search engine saat ini.?

5. Altavista Altavista merupakan salah satu mesin pencari (search engine) yang bukan hanya dibuat untuk mencari situs informasi, situs ini delengkapi dengan database informasi tentang gambar, music, video, dll. keunggulan dari situs ini adalah kemampuannya untuk melakukan operasi boolean, AND NOT dan AND OR NOT. situs ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak banyak file-file komputer yang bisa diaksesnya, file PDF diantaranya.
nahhhh itu lah hasil analisis saya mengenai website lokan dan non lokal semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comentt yoooo