Minggu, 03 Juni 2012

plugin-plugin SEO


Hai....di post sebelumnya saya sudah membahas mengenai apa itu SEO dan manfaatnya untuk web atau blog kita, nahhh saat ini saya akan memperkenalkan sekilas mengenai plugin-plugin yang mesti kamu pertimbangkan untuk di pasang di web atau blog kamu, yahh karena yang saya tahu plugin in begitu banyaknya hampir ratusan..nah disini saya hanya memperkenalkan sebagian saja namun fungsinya amat sentral untuk optimasi blog kamu..
Inilah dia plugin SEO
  1. SEO Ultimate
SEO Ultimate adalah plugin SEO yang terbilang komplit dan berkualitas tinggi, mengingat fitur-fitur yang diberikan banyak sekali, seperti: Monitor 404 Error, Title Tag Rewritter, Web Master Verification, Meta Keywords, Meta Robots Tag, Code Inserter, More Link Customizer dan masih banyak lagi.
  1. Google XML Sitemaps
Google XML Sitemaps adalah plugin SEO untuk membantu mengindeks blog kita yang nantinya akan dijelajahi oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan lainnya. Tidak hanya itu plugin ini juga menyesuaikan dengan cara kerja crawler, agar robots search engine dapat dengan mudah mengindeks artikel yang kita postkan dan halaman mana yang tidak kita ingin share (tidak ingin di indeks mesin pencari alias “no follow”). Selain itu ada fitur menarik lainnya yaitu kita bisa mengatur frekuensi mesin pencari mengunjungi blog kita bisa setiap 1 jam, 1 hari, 1 minggu dll. Plugin ini wajib ada pada blog wordpress anda.
  1. All In One SEO Pack (AIOSP)
All in One SEO Pack adalah Plugin SEO yang semua fungsi SEO sudah ada dalam satu Plugin (Pack), fitur menarik dari plugin ini adalah kita bisa mengganti judul dan deskripsi dari post artikel kita sendiri dan nantinya bisa diindeks google, selain itu plugin ini juga menghasilkan meta tags secara otomatis tanpa dibuat oleh admin. Plugin SEO ini juga mempunyai rating download terbesar dalam kategori SEO yakni sekitar 7 juta 300 ribu lebih sudah didownload. Ini membuktikan bahwa plugin ini memang berkualitas.
  1. All In One Webmaster
All In One Webmaster adalah sebuah plugin yang biasanya digunakan oleh seorang webmaster, fungsi dari plugin ini adalah sebagai tempat untuk menyimpan kode verifikasi dari mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan lainnya. Kode itu kita dapatkan setelah kita mendaftar di masing – masing mesin pencari agar nantinya blog kita bisa sering dikunjungi oleh robots search engine, sehingga ketika robots search engine berkunjung ke blog kita maka blog kita akan cepat diindeks dan diutamakan, karena kita sudah termasuk dalam orang yang sudah mendaftarkan blognya kepada masing – masing search engine.
  1. SEO Search Terms Tagging 2
SEO Search Terms Tagging 2 adalah plugin yang fungsinya menampilkan keyword atau kata kunci yang datang dari mesin pencari oleh pengunjung blog. Letak keyword ini terletak pada bagian bawah posting artikel blog kita, dan hal ini bisa menambah perbendaharaan kata yang ada pada posting kita, namun apabila kita ingin menghapus kata kunci yang kurang berkenan maka dengan mudah kata kunci tersebut bisa dihapus.
  1. WordPress Related Posts
WordPress Related Posts adalah Plugin yang fungsinya untuk menampilkan posting artikel yang mempunyai kesamaan tag atau kategori dengan posting lain sehingga posting yang sejenis bisa ditampilkan dalam suatu posting yang saling terkait.
  1. Dagon Design Sitemap Generator
Dagon Design Sitemap Generator adalah plugin yang fungsinya sama dengan Plugin Google XML Sitemap, yaitu untuk membuat peta situs yang berbentuk XML, sehingga akan memudahkan mesin pencari untuk mengindeks blog kita. Fitur menarik dari plugin ini adalah kita dapat menempatkannya pada bagian halaman atau page, dimana didalamnya berisi judul posting artikel, halaman atau page, total komentar, arsip blog, kategori dan lain sebagainya.
  1. SEO Friendly Image
SEO Friendly Image adalah plugin wordpress yang berfungsi untuk membuat ALT yang tepat dan atribut judul yang baik pada gambar yang anda upload untuk kepentingan SEO yang lebih baik, secara otomatis. Dengan plugin ini maka gambar yang anda upload akan lebih SEO friendly dengan mesin pencari seperti google.
  1. CommentLuv
CommentLuv adalah plugin wordpress yang memberikan reward kepada blogger lain yang sudah memberikan komentar diblog kita, hadiah atau penghargaan bagi blogger yang memberikan komentar dan kebetulan blog yang dikomentari menggunakan plugin CommentLuv adalah akan dilakukan follow up secara otomatis yaitu berupa posting artikel terakhir dari blogger atau pengunjung tersebut. Sehingga google atau mesin pencari lainnya akan mengindeks blog anda.
  1. SEO Smart Links
SEO Smart Links adalah plugin wordpress yang akan memberikan link secara otomatis terhadap konten yang ada pada artikel blog kita, tanpa harus repot – repot membuat link yang saling berhubungan. Dengan plugin ini akan menambah performansi SEO blog kita agar lebih baik lagi.
  1. Google Analytics for WordPress
Fungsi Plugin ini adalah untuk build sitemap secara otomatis. Google xml sitemap akan membuat sebuah xml-sitemap yang dapat dibaca oeh google, Ask, MSN and Yahoo. Tapi, untuk hasil maksimal perlu juga membuat sitemap kita di webmaster google, yahoo, bing, dan lain – lain. Cara instalasi cukup mudah, tinggal install plugin lalu upload dua file di public_html. Yaitu, sitemap.xml dan sitemap.xml.gz, setelah itu aktifkan plugin. Adakalanya GXSG ini gagal membangun sitemap. Solusinya biasanya adalah pada papan pengaturan xml-sitemap hilangkan centang pada “Notify Google about updates of your Blog” dan jangan lupa untuk mengklik “update option’, lalu deactive plugin. Setelah itu aktifkan lagi dan kembali ke papan pengaturan. link rebuild the sitemap manually yang letaknya di bawah pesan error seperti di bawah :
# There was a problem writing your sitemap file. Make sure the file exists and is writable. Learn more
# There was a problem writing your zipped sitemap file. Make sure the file exists and is writable. Learn more
  1. WordPress SEO
Yoast semua dalam satu solusi SEO WordPress untuk blog WordPress Anda: SEO titles, meta descriptions, XML sitemaps & lainnya.
  1. Platinum SEO Pack
Plugin ini adalah plugin SEO favorit saya. Hampir di setiap blog WordPress yang saya buat, saya selalu menggunakan plugin ini. Fiturnya lengkap dan sangat membantu kita dalam memaksimalkan SEO dari blog/website. Platinum SEO pack bermanfaat untuk mengatur meta tag dan meta description pada blog Anda. Anda bisa mengatur meta untuk tag, category atau diskripsi secara otomatis, canonical url dan lain sebaginya. Berkut link download dari plugin ini.
  1. Automatic SEO Links
Plugin yang satu ini fungsinya adalah untuk memudahkan kita kalau ingin memberi tautan antar satu artikel dengan artikel yang lain. Sehingga dapat meningkatkan jumlah internal backlink. Kalau sobat pernah melihat link – link yang ada di wikipedia, seperti itulah fungsinya. Kita hanya perlu untuk memasukkan sebuah keyword, Misalnya dengan anchor Plugin SEO dan mengarahkannya ke url “http://www.phudra.blog.ugm.ac.id/review-wordpress-seo-plugin”. Maka setiap kali kita mengetik kata plugin SEO di setiap postingan secara otomatis akan mengarah ke link “http://www.phudra.blog.ugm.ac.id/review-wordpress-seo-plugin”. Dan hebatnya, kalau kita menulis anchor keyword tersebut dalam satu halaman ada 5 misalnya, maka yang akan diberi link hanya pada satu keyword. Kita pun masih bisa menentukan atribut dari link tersebut apakah follow, nofollow, blank (buka di tab baru), external dan lain – lain.
  1. Gzip Enable
Banyak mitos yang beredar bahwa kecepatan loading sebuah website juga berpengaruh terhadap posisi SERP. Maka dari itu keberadaan plugin untuk mempercepat loading wordpress sangatlah diperlukan untuk meningkatkan SEO. Dari berbagai plugin misalnya WP super cache, DB optimiza, DB cache, akhirnya pilihanku jatuh pada plugin Gzip enabled ini. Karena ini mampu mengkompress size website kita sampai lebih dari 80%. Efeknya tentu saja loading blog bisa jadi lebih cepat. Coba test ukuran websitemu sebelum dan sesudah install Gzip enable di Gzip test.
  1. CBnet Ping Optimizer
Meskipun sepertinya tidak ada hubungannya dengan SEO, tapi plugin yang satu ini sangat penting untuk menjaga blog dan artikel kita dari penalty atau banned dari search engine. Setiap kali kita update artikel baru wordpress secara otomatis akan melakukan ping ke berbagai mesin pencari, begitu pun saat kita mengeditnya. Jadi, kalau artikel kita berkali – kali diedit maka berkali – kali pula ia diping. Jika itu terjadi maka blog kita akan dikira melakukan spamming, resikonya ya itu tadi kalau tidak dipenalty ya kena banned (katanya sih). Cbnet ping optimizer ini tugasnya membedakan antara saat artikel diposting pertama kali sama ketika ia diedit dan dipublish ulang. Jadi, tidak akan ada ping berkali – kali.
  1. Breadcumb navxt navigation
Fungsi breadcumb untuk membuat blog/website menjadi seo friendly sudah tak dapat diragukan lagi. Baik para pemakai platform wordpress maupun blogspot yang peduli akan seo pasti akan memasang breadcumb di blog mereka. Dan plugin ini memberikan kita kemudahan untuk pemasangan.
  1. SEO Slug
Slug sama artinya dengan Permalink, permalink adalah alamat atau url yang terdiri dari seluruh judul artikel dan dipisahkan masing – masing kata dengan tanda strip(-). SEO Slug ini berfungsi untuk menghapus kata – kata umum atau kata sambung seperti “yang”, ”di” atau “ke” dari judul artikel untuk mengoptimalkan keyword agar lebih search engine friendly.
  1. Robots Meta
Plugin ini akan memberikan tags nofollow secara otomatis pada link internal yang tidak relevan atau tidak wajar untuk robot – robot mesin pencari. Robots Meta ini juga mencegah robot – robot mesin pencari mengindex seluruh struktur blog anda, karena tidak semua bagian blog anda harus terindex di mesin pencari seperti halaman admin, login dan register.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comentt yoooo