Senin, 21 Mei 2012

cara menyelamatkan artikel dari COPAS



Hemzzz..saya adalah orang baru dalam duni perwebsitean ataupun blog, hehe pertama-tama karena belum paham saya hanya fokus pada konten-konten yang ada dalam web saya saja, namun lama kelamaan setelah melihat web orang lain saya sedikit kebingungan dan penuh rasa keingintahuan kenapa artikel dalam web tersebut tidak bisa di copas....hehe
Saya pun mencari tahu dan akhirnya ada jawaban nya bisa saya temukan....
Tapi sebelum menjelaskan masalah jawaban tersebut.....
Saya akan membahas mengenai copas (copy paste) Copy Paste adalah salah satu cara tertua dalam dunia Komputer yang fungsinya untuk menggandakan suatu dokumen (text, gambar, video, dan lain-lain). Media seperti Internet sebagai sumber informasi dan pengetahuan lebih memungkinkan banyak orang untuk leluasa mencari, lalu membaca-melihat terus mengambil-mengunduh-download apa yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.
Maklum di indonesia kan penghargaan terhadap suatu karya sangat lemah, siapapun bebas meng copas artikel orang lain, saya pun mengaku pernah mengcopas artikel orang lain, namun setelah saya membangun web sendiri saya sedikit berpikir ulang untuk mengcopas artikel orang, karena sebelum karya kita ingin di hargai maka kitapun harus menghargai orang lain...
Apalagi saat ini konten blog saya http://www.catatanonline.com berisi artikel-artikel seperti cerpen, puisi,cerbung dan artikel-artikel lainnya.
Sayapun berpikir bagaimana caranya mengamankan artikel-artikel saya dari para copaster jika kamu pengguna WordPress Self Hosting kamu  bisa mulai memasang Plugin WP-CopyProtect sebagai anjing Doberman atau Herder untuk menjaga artikel kamu (untuk blog yang menggunakan core engine blogspot silahkan Googling sendiri ya). 
Nantinya setelah plugin ini terpasang, alhasil pengunjung harus sedikit melotot membaca artikel kita sampai TAMAT! Kalo artikel berupa sebuah Tutorial yang notabene biasanya panjang…weik! Yah semua tergantung MINAT dan NIAT baca pengunjung!



selamat mencoba......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comentt yoooo