Minggu, 02 Januari 2011

WiMax

                WiMax adalah konsorsiu yang berupaya menyatukan dua standard teknologi nirakabel dunia yang dari dulu memang merupakan musuh bebuyutannya. Yaitu standard IEEE yang di buat di amerika dan ETSI yang di buat oleh kumpulan perusahaan eropa.persaingan dua standard ini sering terjadi baik di telekomunikasi, elektronikal maupun mekanikal.
                WiMax mengikuti standard MAN IEEE 802.16a dan hiperMAN, bekerja di frekuensi 2 sampai 11 GHZ, di khususkan untuk menyambung gedung ke gedung secara nirakabel.bentangan frekuensi itu sangat besar, Wimax juga dapat bekerja dalam jarak sampai 50km dengan berbagai halangan sebagai teknologi OFDM, besar bandwitch yang dapat di bawa sampai 280 Mbps per satu/base station
                Setahu saya harga jual perangkat Wimax yang di produksi dalam negeri sangat bervariasi,sebagian di nilai terlalu mahal, karena di Indonesia tidak di dukung industry hulu(komponen) yang memadai maka tetap saja komponen harus di inpor.
                Jika saya sebagai investor saya akan tertarik pada WiMax karena indonesi lumayan terkenal sebagai salah satu pengguna 802.11 WiFi yng di modifikasi menjadi outdoor, merupakai pengguna wifi terbesar di dunia, sehingga mempunyai harapan besar terhadap teknologi WiMax ini . dan juga harga WiMax di Indonesia sangat tinggi seperti yang di jual oleh perusahaan-perusahaan BUMN sehingga mampu marauk keuntungan.
                 Adapun keunggulan WiMax sendiri adalah
  1.  Kecepatan bandwitch yang tinggi
  2. Tahan terhadap gangguan 
  3. JAngkauan sinyal yang tajam


sumber: blog detik.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comentt yoooo